Cara Menghemat Kuota Internet di Chrome HP

Chrome untuk aplikasi standar nyaris di semua handphone saat ini membuat aplikasi garapan Google itu jadi aplikasi jagoan waktu searching.

Kesibukan searching telah jadi kegiatan rutin setiap hari hingga pemakaian browser pasti bukan jadi hal yang tabu.

Chrome untuk browser yang mempunyai jumlah pemakai paling banyak pasti ingin mendatangkan feature menarik yang berguna buat pemakainya. Diantaranya ialah feature pengehemat data.

Dengan feature itu pemakai bisa menghemat kuota data. Disamping itu, ada beberapa tips lain yang dapat kamu kerjakan untuk menghemat data.

Panduan dan cara dibawah ini dapat dipakai di browser chrome di PC atau computer, dan di hp. Tetapi di sini kita pakai screenshot chrome diponsel untuk contoh, jadi silakan cocokkan dengan piranti kamu.

Ingin tahu bagaimana triknya? Langsung baca Cara Menghemat Kuota Internet di Chrome HP berikut.

A. Aktifkan feature model ringan di Chrome

1. Membuka tab baru di chrome kalian. Lalu pilih “simbol titik tiga” disamping kanan atas untuk tampilkan menu aplikasi. Kemudian pilih “Setelan “.

2. Setelah itu kamu mencari menu “Model Mudah “. Membuka menu setelan tsbt.

4. Selanjutnya, aktifkan model mudah dengan cara mengetuk atau menggeser tombol yang berada di samping kanan atas. Bila warna tombol telah berwarna biru, pertanda feature model mudah telah kamu aktifkan.

Jika kamu masih bertanya-tanya tentang feature model mudah ini, akan saya berikan keterangan sedikit.

Jadi feature model mudah ini ialah feature yang disiapkan oleh Chrome dimana kamu akan memperoleh pengalaman browsing yang cepat serta irit data.

Dengan feature ini, Chrome akan berisi satu halaman bertambah lebih cepat sebab Chrome akan langsung memakai server Google serta Google akan menulis lagi situs bila situs yang didatangi pemakai termasuk juga situs yang lamban hingga cuma akan tampilkan content yang perlu saja. Dengan demikian proses pemuatan halaman bertambah lebih cepat.

Tetapi ini tidak berlaku bila kamu memakai tab samaran atau model incognito.

Dengan model mudah ini, server Google akan menyederhanakan situs yang dibuka hingga sedikit akan data yang di unduh ke piranti kamu.

Chrome akan menulis perubahan data yang sukses dihemat lewat info diagram yang ada, misalnya sama dengan gambar di atas. Dimana pada periode 22 April sampai 10 Mei, Chrome berhasil menghemat data sebesar 36, 34 MB. Cukup kan data yang sukses dihemat?

Nah, bila kamu sedang buka situs yang sudah disederhanakan oleh Chrome serta kamu ingin lihat situs aslinya, kamu dapat lakukan itu dengan cara ketuk “Mudah” yang umumnya berada di URL bar.

Selanjutnya pilih “Muat halaman asli “. Kelak Chrome akan lakukan pemuatan halaman lagi. Nantikan saja sampai halaman asli ada. Umumnya memerlukan waktu sedikit semakin lama.

2. Aktifkan limit kuota data di hp

Jika kamu tidak pernah tahu feature ini di hp kamu, coba saat ini kamu cari info dimana letak feature ini. Sebab semasing type ponsel mempunyai sedikit ketidaksamaan pada penataan hpnya.

Jika pada gambar contoh di bawah, feature ini terletak di penataan “Kartu dual SIM “. Nah, selanjutnya pilih “Pengingat data harian “. Dari sana dapat pilih berapakah batas kuota data yang akan kamu pakai. Kelak saat telah capai batas yang sudah kamu tetapkan, maka tampilkan pernyataan dilayar hp.

Kamu dapat pilih berapakah besaran data optimal yang akan kamu pakai. Pada contoh, saya ingin ada pernyataan bila saya telah memakai data sampai 100 MB.

Jadi saat pemakaian data telah capai 100 MB, maka ada pemberitahuan dilayar HP serta memberi kamu satu pilihan. Apa kamu akan mematikan data atau memakai 100 MB yang lain.

3. Aktifkan penghemat data untuk aplikasi yang berjalan di background hp

Fitur ini sangat mungkin kamu untuk menghemat penggunaan data pada aplikasi hp yang berjalan dilatar belakang.

Maka bila kamu aktifkan feature ini, karena itu hp akan meminimalisir atau batasi pemakaian data pada aplikasi yang berjalan di latarbelakang. Bagaimana triknya?

1. Masih sama seperti cara yang baru saya terangkan di atas. Pada penataan pilih “Kartu dual SIM” selanjutnya pilih “Irit data “. Kembali lagi, penataan ini sesuai saja dengan type HP yang kamu pakai. Sebab tentu ada ketidaksamaan penataan.

2. Nah, di sini kamu langsung dapat menggulir tombol ke kanan untuk aktifkan feature irit data. Kamu dapat juga pilih aplikasi mana saja yang tidak mau kamu awasi/irit. Pada gambar contoh, ada 5 aplikasi yang tidak mau saya awasi. Umumnya cuma aplikasi penting saja seperti Whatsapp, Browser, serta yang lain.

Dengan aktifkan feature ini, karena itu data yang semestinya dipakai untuk aplikasi yang berjalan dilatarbelakang bisa dihemat serta dapat kamu pakai untuk searching.

 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan untuk menghemat penggunaan kuota data kamu saat kamu searching.

Walau beberapa tips di atas cuma akan mengemat beberapa MB saja, tapi minimal kamu dapat kurangi sedikit mengonsumsi data untuk sehari-harinya waktu kamu searching.

Coba bila sehari-harinya kamu dapat mengemat beberapa MB data, dalam tempo sebulan atau bisa lebih kamu akan lihat seberapa banyak data yang sukses kamu irit serta pasti memberikan keuntungan kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *